April 1

Abstrak

Komputer adalah suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Pada komputer tersebut terdiri dari beberapa bagian elemen baik hardware maupun software, diantaranya yaitu harddrive, memori, file system, dan masih banyak lagi.

Pendahuluan

Harddisk merupakan ruang penyimpanan utama dalam sebuah komputer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruang-ruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.

Dalam komputasi, sistem file (filesystem) adalah metode menyimpan dan mengorganisisr file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya. File sistem dapat menggunakan perangkat penyimpan data seperti hardisk atau CD_ROM dan melibatkan mempertahankan lokasi fisik dari file, mereka mungkin menyediakan akses ke data pada file server dengan bertindak sebagai klien untuk protokol jaringan (misalnya, NFS , SMB , atau 9P klien), atau mereka mungkin virtual dan hanya ada sebagai sebuah metode akses data virtual (misalnya, procfs ).Hal ini dibedakan dari layanan direktori dan registri.

Isi

DISK GEOMETRI

Konstruksi sistem floopy disk

Dimulai dari floopy disk unit, tidak hanya karena floopy disk merupakan satu-satunya bentuk dari tempat penyimpanan yang bisa digunakan pada PC-PC terdahulu, namun juga karena merupakan struktur dan konsep yang paling sederhana.

Dibawah ini dapat kita lihat model konsep sederhana dari sebuah floopy disk drive unit. Sebuah magnetik disk atau platter, berada dalam sebuah amplop pelindung atau kotak plastik yang keras, dimasukkan kedalam drive dan secara otomatis terkunci dalam kumparan. Kemudian diputar dengan kecepatan yang stabil oleh spindle motor. Disk ini berupa lempengan bulat yang sangat fleksibel, yang dilapisi di kedua sisinya dengan material megnetik. Sebuah head assembly, terdiri dari dua magnetik read/write heads, satu berhubungan dengan permukaan atas disk, dan yang satu berhubungan dengan bagian bawah disk.

Karena magnetik read/write head berhubungan dengan dua permukaan disk, maka kecepatan putar dibatasi untuk memastikan kelayakan disk dan unit drive. Untuk ukuran standar, yaitu 3,5 inch, 1,44 MB floopy, kecepatan putar dibatasi hingga 360 putaran per menit.

Berikut adalah gamabaran dari floopy disk geometry.

Konstruksi Sitem Hard disk

Salah satu perbedaan terbesar antara floopy disk dan hard disk adalah head tidak menyentuh permukaan hard disk kecuali saat berhenti. Hard disk terbuat dari sejumlah platter yang keras dan berat serta head-disk assembly yang tertutup dari debu lingkungan sekitar.

Semau head ditetapkan pada aktuator yang sama dan terbang bebas diatas permukaan disk, yang dibantu oleh tekanan aerodynamic.. Pada saat writing, ukuran normal disk platter, biasanya menunjuk ke form factor, yaitu 3,5 inch meskipun 2,5 inch kadang digunakan untuk notebook dan menjadi lebih umum untuk drive yang terpisah. Sejumlah head kemungkinan besar antara dua dan enam dan tipe kecepatan putar dari 3600 sampai 7200 putaran per menit. Sirkuit pengontrol servo digunakan memposisikan head assembly dan untuk mengurangi variasi kecepatan putaran hingga kurang lebih 0,1%.

Seperti pada kotak floopy disk, kecuali untuk high-performance system dan RAID (Redundant Arrays of Inexpensive Disks), hanya satu head yang aktif pada suatu waktu untuk ridding atau writing data. Hal ini berarti pada beberapa sistem hard disk, satu bagian permukaan disk kemungkinan digunakan untuk memegang informasi kontrol pre-formatted, dan associated head juga digunakan pada waktu yang sama sebagai head data untuk kontrol servo. Track pada permukaan ini disebut servo tracks or index tracks dan head-nya disebut servo head atau index head. Disk yang menggunakan teknik ini sering terlihat mempunyai odd number pada head fisik nyata, sejak salah satu digunakan untuk servo.

Hard disk sendiri merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat non-volatile, yaitu tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data didalamnya. Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1954. Beberapa teknologi yang dekenal pada saat ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. ATA (AT Attachment)

ATA merupakan interface standar 16-bit untuk menghubungkan perangkat seperti harddisk atau CD-room ke motherboard. Untuk menghubungkannya perlu digunakan kebel konektor yang terbatas sepanjang 45 cm. Awalnya kecepatan transfer dari ATA ini sebesar 16 MB/detik, yang kemudian meningkat hingga 133 MB/detik.

2. Serial ATA (SATA)

Teknologi ini didesain untuk menggantiakn teknologi ATA. Salah satu perbedaan yang nampak jelas antara teknologi ATA dan SATA adalah jenis konektor. Pada teknologi SATA, konektor yang digunakan adalah kabel konektor 7 pin atau 15 pin, sementara ATA menggunakan 80 pin.

3. Smal Computer System Interface (SCSI) port

SCSI merupakan standar interface untuk menghubungkan komputer dengan periperal eksternal, seperti harddisk ekternal, scanner, atau CD-room eksternal. Keunggulan Port SCSI ini, selain pada kecepatan transfer juga kemampuannya untuk dapat digunakan pada 7 periperal sekaligus.

4. RAID (Redundant Arrays of Inexpensive Disks)

Raid merupakan teknologi untuk mengelompokkan dua atau lebih hard disk menjadi unit tunggal dengan menggunakan hardware atau software tertentu. Teknologi RAID menggunakan tiga konsep penting, yaitu mirroring (penyalinan data ke lebih dari satu buah hard disk), striping (pemecahan data ke beberapa hard disk), dan juga koreksi kesalahan.

Secara lebih terperinci, sistem kerja hard disk adalah sebagai berikut :

o Spindle memiliki sebuah penggerak yang disebut spindle motor, yang berfungsi untuk memutar pelat      harddiskdalam kecepatan tinggi. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Makin cepat putaran tiap menitnya, makin bagus kualitas harddisk tersebut. Ukuran yang umumnya kita dengar adalah 5400, 7200, atau 10.000RPM.

  • Sebuah piranti read/write elektromagnetik yang disebut dengan heads ditempatkan pada kedua permukaan lempengan. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider, sehingga heads bisa membaca data/informasi yang tersimpan pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut.
  • Slider ini dihubungkan dengan sebuah lengan yang disebut actuator arms. Actuator arms ini sendiri dipasang mati pada poros actuator, di mana seluruh mekanisme gerakan dari actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali (logic board) yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yang lainnya. Antara actuator dengan karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel pita tipis. Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam lempengan harddisk.
  • Jumlah lempengan masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung dari ukuran/daya tampung masing-masing pelat dan ukuran harddisk secara keseluruhan.
  • Sebuah lempengan harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20 gigabyte (GB). Sebuah harddisk yang berkapasitas total 40 GB berarti memiliki 2 lempengan, sedangkan bila berukuran 30GB, ia memiliki dua buah lempenganberukuran 10 dan 20GB atau tiga buah lempengan berukuran 10GB. Masing-masing lempengan harddisk mampu menangani/menampung puluhan juta bit data. Data-data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, sehingga memungkinkan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah.
  • Masing-masing lempengan/pelat memiliki dua buah head, satu berada di atas permukaan pelat, satunya lagi ada di bawah head. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa harddisk yang memiliki tiga buah pelat misalnya (rata-rata sebuah harddisk memang terdiri atas tiga pelat) memiliki total enam permukaan dan enam head.
  • Masing-masing pelat memiliki kemampuan merekam dan menyimpan informasi dalam suatu lingkaran konsentris yang disebut track.
  • Masing-masing track terbagi lagi dalam bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut sektor (sector). Setiap sektor dalam tracktrack harddisk ini mampu menampung informasi sebesar 512 bytes.
  • Sektor-sektor dalam sebuah harddisk ini tidak dikelompokkan secara mandiri tetapi dikelompokkan lagi dalam sebuah gugusan yang lebih besar yang disebut cluster. Fungsi peng-cluster-an adalah untuk membuat mekanisme penulisan dan penyimpanan data menjadi lebih sederhana, lebih efisien, tidak berisiko salah, dan dengan demikian memperpanjang umur harddisk.

FILE SYSTEM

Seperti telah dujelaskan pada pendahuluan, bahwa file system adalah metode menyimpan dan mengorganisir file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya. jenis File system dapat diklasifikasikan menjadi sistem disk file, sistem jaringan file dan sistem tujuan khusus file.

1. Sistem Disk File

Sebuah sistem disk file adalah sistem file yang dirancang untuk penyimpanan file pada perangakat penyimapanan data , sebuah disk drive , yang langsung atau tidak langsung terhubung ke komputer. Contoh sistem file disk termasuk FAT (FAT12, FAT16, FAT32, ExFAT), NTFS , HFS, UFS , ext2 , ext3 , ext4 , btrfs, dan UDF . Sistem disk file Beberapa adalah journal file system atau versioning file system.

2. Sistem Jaringan File

Sebuah sistem jaringan file adalah sistem file yang bertindak sebagai klien untuk protokol akses file remote, menyediakan akses ke file pada sebuah server. Contoh sistem file jaringan termasuk klien untuk NFS, AFS , SMB protokol, dan klien-sistem-seperti file untuk FTP dan WebDAV.

3. Sistem File Tujuan

Sebuah sistem tujuan khusus berkas adalah dasarnya apapun file system yang tidak disk file sistem atau sistem jaringan file. Ini mencakup sistem mana file disusun dinamis oleh software , dimaksudkan untuk tujuan seperti komunikasi antara proses komputer atau ruang file sementara. Sistem tujuan Khusus file paling umum digunakan oleh sistem operasi file-sentris seperti Unix. Contoh meliputi procfs(/ proc) sistem file digunakan oleh beberapa varian Unix, yang hibah akses informasi tentang proses dan lainnya sistem operasi fitur.

Sistem file sendiri banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut :

    1. Linux

* ext (seperti ext2, ext3 dan ext4 ), XFS , JFS , ReiserFS dan btrfs .

2. Mac OS

HFS Plus

3. Microsoft

FAT, NTFS

PENUTUP

Penjabaran tersebut merupakan penjelasan tentang disk, yang terbagi menjadi dua macam yaitu floopy disk dan hard disk. Keduanya merupakan suatu piranti yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Istilah lain yang digunakan dalam komputer adalah file system File system merupakan metode menyimpan dan mengorganisisr file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya.

REFERENSI

1.IBM (1995) No-ID Sector Format. Dr Steven R Hetzler, IBM Research Division, Almaden Research Center, San Jose, CA. Now Hitachi – see http://www.hitachigst.com/hdd/ ipl/oem/tech/noid.htm

  1. http://illtorro.blogspot.com/2009/05/harddisk.html
  2. Landis,H.(2005) Information,Test Software and Consulting Services forDevelopers of Products usingATA(PATA, IDE/EIDE), SerialATA(SATA),ATAPI, and CE-ATAand OtherATARelated Interfaces, 27 October. URL: http://www.ata-atapi.com/