March 24

PC? Notebook? Yupz…semua merupakan komputer. Zaman sekarang ini hampir semua orang memerlukan mesin satu ini. Dari yang hanya menggunakannya sebagai mesin ketik, alat hiburan seperti nonton film, memutar musik, bermain game, sampai dengan yang digunakan untuk membuat suatu peralatan yang canggih. Buat orang awam, jika ingin membeli sebuah komputer, haruslah benar-benar mengerti akan pertimbangan apa aja yang mesti digunakan untuk mendapatkan sebuah komputer yang lengkap bagi dirnya. Dan yang pasti jangan sampai merasa kecewa setelah membeli komputer tersebut. Nah, disini saya akan memberikan sedikit pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika akan membeli sebuah komputer.

Disini kita mempunyai dua macam pertimbangan, yaitu pertimbangan dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersangkutan langsung dengan komputer yang akan dibeli, misalnya prosesor, memori, hardisk, dll. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar komputer tersebut seperti harga, kebutuhan, dll.

1. Faktor Internal

1.1 Motherboard

Langkah awal yang harus dipertimbangkan adalah memilih motherboard. Motherboard (papan induk) merupakan papan sirkuit tempat berbagai komponen dan konektor untuk berbagai periperal pada PC. Motherboard sering kali disebut dengan main board, system board, logic board (pada Apple) atau disingkat menjadi mobo. Untuk memilih motherboard terkadang menjadi hal yang susah-susah gampang. Di pasaran banyak tersedia berbagai macam merek dan jenis motherboard. Berdasarkan pabrikannya, ada 2 jenis mobo, yaitu Intel dan AMD. Dalam memilih mobo, hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut :

a. Apakah motherboard tersebut sudah mendukung harddisk SATA dan tersedia beberapa slot?

b. Berapa slot RAM (memori) DDR2 yang dimilikinya?

c. Apakan menyediakan slot ekspansi untuk kartu grafis?

d. Berapa slot PCI-nya?

e. Sejauh mana mobo tersebut mendukung kalau kita meng-upgrade prosesornya?

1.2 Prosesor

Pertimbangan berikutnya adalah jenis prosesor. Prosesor sendiri merupakan unit pemrosesan utama dalam sebuah komputer. Secara umum, kecepatan suatu komputer mengacu pada kecepatan prosesor dalam mengolah data/menjalankan instruksi. Pada pemilihan prosesor, lebih baik jangan membeli prosesor kelas Celeron, meskipun harganya jauh lebih murah. Akan lebih baik jika kita membeli prosesor generasi baru seperti Pentium 4 HT, Pentium D, Dual Core, atau Core 2 Duo. Mengapa disarankan jangan membeli prosesor kelas Celeron? Hal tersebut dikarenakan jika kita menggunakan prosesor ini ( misal Celeron 2,66 GHz), kinerja komputer akan turun secara drastis saat kita menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multi tasking) dibandingkan dengan kita menggunakan Pentium E2140 1,6 GHz (Dual Core)

1.3 Harddisk

Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat non-volatile. Sekarang ini terdapat beberapa teknologi yang dikenal pada harddisk, antara lain ATA (AT Attachment), SATA (Serial ATA), Smal Computer System Interface (SCSI) port, dan Redundant Arrays of Inexpensive Disks (RAID). Untuk hal ini, disarankan untuk membeli harddisk berteknologi SATA. Harddisk jenis ini mempunyai kecepata read-write yang sudah lebih cepat, yaitu sekitar 300 MB/detik dan harganya yang juga lebih murah.Selain itu, memilih harddisk dengan kapasitas yang besar juga lebih baik, karena selisih harga dipasaran tidak terlalu jauh.

1.4 Memori (RAM)

Memori merupakan istilah yang umum sebagai media penyimpanan data pada komputer. Secara umum, ada dua jenis memori, yaitu volatile (membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data yang disimpan) dan non-volatile (tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data yang disimpan). Pada pemilihan memori ini, memori yang disarankan adalah jenis DDR2 atau yang terbaru yaitu DDR3. DDR2 (Double Data Rate) merupakan jenis memori yang menggantikan teknologi DDR SDRAM. Kecepatan transfer yang dimiliki mencapai 3200 MB/detik, dengan daya yang dibutuhkan lebih rendah dari DDR SDRAM.

DDR3 merupakan pengembangan DDR2, yang membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah lagi (sehingga pada laptop baterai akan bertahan lebih lama). Namun DDR3 membutuhkan board yang berbeda dengan DDR2, sehingga tidak dikenal istilah upgrade dari DDR2 ke DDR3.

Dalam pembelian DDR2, pastikan minimal berukuran 512 MB. Meskipun komputer yang kita beli ditujukan hanya untuk sekedar hiburan atau mengetik, namun sistem operasi sekarang ini membutuhkan memori yang besar. Selain itu, bagi pengguna Windows XP, OS akan berjalan dengan cukup nyaman dengan memori tersebut

1.5 Slot PCI

Hal ini berhubungan dengan pemilihan motherboard. Sebisa mungkin motherboard memiliki 1x PCI Express x16, 2x PCI Express x1, dan 1x PCI. Bagi gamer, kehadiran slot PCI Express x16 ini sudah menjadi keharusan, karena di dalam slot ini kita bisa menambahkan kartu grafis tambahan agar dapat memainkan game 3D. Sedangkan slot PCI Express x1 berguna jika kita ingin menambahkan modem, kartu suara, TV Tuner, dan lain sebagainya.

1.6 Casing PC

Buat pengguna desktop, pemilihan casing juga menjadi prioritas. Pemilihan casing yang mempunyai front USB dan Audio akan terasa lebih nyaman dari pada memilih casing dengan port USB yang berada dibagian belakang.

2. Faktor Eksternal

2.1 Menentukan Kebutuhan

    Kita harus benar2benar mencermati, untuk kebutuhan apakah kita membeli komputer. Apakah hanya sekedar untuk belajar tentang komputer, mengetik, mendengarkan musik, menonton film, bermain game, atau untuk keperluan-keperluan lain yang lebih tinggi seperti design grafis, simulasi, modeling, dll. Semakin kompleks penggunaannya, jelas akan semakin banyak komponen dan persyaratan yang harus dipenuhi komputer tersebut. Tentunya makin banyak juga biaya yang harus Anda keluarkan.

    Perlu diperhatikan juga mobilitas Anda. Jika Anda adalah seorang yang banyak bekerja di luar kantor dengan beban kerja banyak, maka jenis laptop/notebook layak dipertimbangkan. Kalau Anda tidak terlalu sering kesana kemari dalam bekerja (mobile), atau Anda ingin menggunakan komputer tersebut untuk keperluan sekeluarga, maka lebih tepat jika Anda memilih jenis PC (personal computer) yang lebih murah dibanding laptop.

    2.2 Tampat Pembelian Komputer

    Membeli komputer di suatu area , dimana banyak toko yang menjual komputer akan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan kita bisa membandingkan satu dengan yang lainnya dalam waktu yang singkat.

    2.3 Tawar menawar

    Selalu usahakan untuk melakukan tawar-menawar dengan pihak penjual.

    2.4 Komputer rakitan

    Bagi kita yang mempunyai dana terbatas, kita tidak usah memikirkan untuk membeli laptop biar kelihatan ‘wah’. Alangkah lebih baik jika kita membeli komputer rakitan. Komputer rakitan ini mempunyai harga yang lebih murah.

    2.5 Harga Dolar

    Satu lagi niech, bagi yang tidak sangat mendesak untuk membeli komputer, tunggu aja harga dolar turun, Dengan begitu, harga komputer pasti juga akan ikut turun.




    Sumber :

    http://www.komputertrik.co.cc/

    http://www.idonbiu.com/2009/03/tips-trik-membeli-komputer-baru.html

    http://www.burukutuk.com/2009/07/panduan-membeli-laptop-jaminan-mutu.html

    RadenBeletz.com

    Tabloid PC Mild Edisi 05/2010