March 18

Jejaring Sosial bernama Facebook

Hari gini gak teu facebook???? wah, bisa dibilang katrok tuch kalo istilahe thukul. Dari anak-anak sampai orangtua, dari pedagang sampai pejabat, semua kecanduan situs tersebut. Saking ampuhnya pengaruh situs tersebut, sampai-sampai kita gak kepikiran, gimana sih kerjanya, atau apa aja sih yang nyusun facebook koq kita bisa dengan mudahnya berkomunikasi dengan orang2 yang jauh disana, entah yang kita kenal atau pun hanya teman dunia maya saja. Nah…mumpung ada angin lewat niech…bahas bentar tentang facebook yukz….

Come on………

Ehmmm….siapa sih orang-orang yang bisa-bisanya kepikiran buat situs kaya gitu? Dan ternyata yang bikin itu tiga orang mahasiswa dari universitas Harvard. Beuhhhh…mantap kaleee. Meskipun masih mahasiswa, tapi bisa buat situs yang merajalela di seluruh dunia. Mereka itu adalah Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Menurut berita-berita yang muncul sekarang ini, server facebook ternyata sudah mencapai angka 300 juta. Waaooooooo….angka yang fantastik. Bahkan sebagian besar orang-orang di dunia ada yang menyebutkan bahwa mereka telah menjadi warga negara republik facebook.

Nah…lalu kenapa c fb bisa mempunyai tampilan dan fitur-fitur yang membuat orang terpesona? Ternyata facebook memakai hardware highend sehingga performanya bagus. Kalau sservernya pake emc dengan intel multicore xeon scsi dengan raid berkapasitas terabyte. Kalau networknya pake f10 fiber kapasitas terabps. Untuk indo aksesnya dicaching dengan colo dari akamai. Selain itu, saat ini facebook telah mengoperasikan empat pusat data di AS (3 di West Coast dan 1 di East Coast) dengan lahan yang digunakan mencapai 45.000 kaki persegi.

Bwt yang belum punya FB niech…ayo buruan bwt aja. Gak ada salahnya lho dicoba.