deWieK seaScha every dark night is followed by a light morning
Browsing all posts in: BahaN aJaR

Domain Name System (DNS)

May 25

ABSTRAK

Penggunaan nama sebagai pengabstraksi alamat mesin di sebuah jaringan komputer yang lebih dikenal oleh manusia mengalahkan TCP/IP dan kembali ke zaman ARPAnet. Dahulu, setiap komputer di jaringan komputer menggunakan file HOSTS.TXT dari SRI (sekarang SIR Internasional), yang memetakan sebuah alamat ke sebuah nama. Sebagian besar sistem operasi modern menggunakannya baik secara baku maupun melalui konfigurasi. Sisstem dapat melihat host file untuk menyamakan sebuah nama host menjadi sebuah alamat IP sebelum melakukan pencarian via DNS. Namun, sistem tersebut memiliki beberapa keterbatasan yang mencolok dari sisi prasyarat. Setiap saat sebuah alamat komputer berubah, setiap sistem yang hendak berhubungan dengan komputer tersebut harus melakukan update terhadap file Hosts.

Dengan berkembangnya jaringan komputer, maka dibutuhkan sistem yang bisa dikembangkan, yaitu sebuah sistem yang bisa mengganti alamat host hanya di satu tempat, sedangkan host lain akan mempelajari perubahan tersebut secara dinamis. Sistem inilaomain Name System).

PEMBAHASAN

Apakah itu DNS (Domain Name System)?

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

  1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
  2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
  3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di
    Intranet.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon, dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Bagaiamana Struktur dari DNS?

Suatu DNS memiliki struktur sebagai berikut :

1. Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: Root-Level Domains. Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).

Bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:

  • com : Organisasi Komersial
  • edu : Institusi pendidikan atau universitas
  • org : Organisasi non-profit
  • net : Networks (backbone Internet)
  • gov : Organisasi pemerintah non militer
  • mil : Organisasi pemerintah militer
  • num : No telpon
  • arpa : Reverse DNS
  • xx : dua-huruf untuk kode negara (id:Indonesia,sg:singapura,au:australia,dll)

    Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.

2. Second-Level Domains

Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Pecinta Wanita, pecintawanita.com terdapat komputer (host) seperti server1.pecintawanita.com dan subdomain training.pecintawanita.com. Subdomain training.pecintawanita.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.pecintawanita.com.

3. Host Names

Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.

Sistem kerja DNS

Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.

Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:

  • DNS resolver yaitu sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
  • Recursive DNS server yaitu program yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
  • Authoritative DNS server yaitu program yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)

Pengertian beberapa bagian dari nama domain

Sebuah nama domaian biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label), dipisahkan dengan titik.

  • Label paling kanan menyatakan domain tingkat atas/tinggi (misalkan, alamat www.wikipedia.org memiliki top-level domain id).
  • Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Subdomain menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: wikipedia.org merupakan subdomain dari domain org, dan id.wikipedia.org dapat membentuk subdomain dari domain wikipedia.org (dalam kenyataan, id.wikipedia.org sesungguhnya mewakili sebuah nama host). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi dalam kenyataannya, beberapa domain name registry memiliki batas yang lebih sedikit.
  • Bagian paling kiri dari bagian nama domain menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan. Nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.wikipedia.org memiliki nama host “www”.

DNS memiliki kumpulan hirarki dari DNS servers. Setiap domain atau subdomain memiliki satu atau lebih authoritative DNS Servers (server DNS otorisatif) yang mempublikasikan informasi tentang domain tersebut dan nama-nama server dari setiap domain di”bawah”nya. Pada puncak hirarki, terdapat root servers- induk server nama, server yang ditanyakan ketika mencari (menyelesaikan/resolving) dari sebuah nama domain tertinggi (top-level domain).

Contoh untuk teori rekursif DNS

Sebuah contoh mungkin dapat memperjelas proses ini. Andaikan ada aplikasi yang memerlukan pencarian alamat IP dari www.wikipedia.org. Aplikasi tersebut bertanya ke DNS recursor lokal.

  • Sebelum dimulai, recursor harus mengetahui dimana dapat menemukan root nameserver; administrator dari recursive DNS server secara manual mengatur dan melakukan update secara berkala terhadap sebuah file dengan nama root hints zone (panduan akar DNS) yang menyatakan alamat-alamt IP dari para server tersebut.
  • Proses dimulai oleh recursor yang bertanya kepada para root server tersebut – misalkan: server dengan alamat IP “198.41.0.4″ - pertanyaan “apakah alamat IP dari www.wikipedia.org?”
  • Root server menjawab dengan sebuah delegasi, arti kasarnya: “Saya tidak tahu alamat IP dari www.wikipedia.org, tetapi saya tahu bahwa server DNS di 204.74.112.1 memiliki informasi tentang domain id.”
  • Recursor DNS lokal kemudian bertanya kepada server DNS (yaitu: 204.74.112.1) dengan pertanyaan yang sama seperti yang diberikan kepada root server. “apa alamat IP dari www.wikipedia.org?”. Pada umumnya akan didapatkan jawaban yang sejenis, “saya tidak tahu alamat dari www.wikipedia.org, tetapi saya tahu bahwa server 207.142.131.234 memiliki informasi dari domain wikipedia.org.”
  • Akhirnya, pertanyaan beralih kepada server DNS ketiga (207.142.131.234), yang menjawab dengan alamat IP yang dibutuhkan.

Bagaiamanakah DNS bekerja?

Dari contoh diatas, bagaimana caranya DNS server 204.74.112.1 tahu alamat IP mana yang diberikan untuk domain wikipedia.org?. Pada awal proses, sebuah DNS recursor memiliki alamat IP dari para root server yang didata secara explisit (hard coded). Mirip dengan hal tersebut, server nama (name server) yang otoritatif untuk top-level domain mengalami perubahan yang jarang.

Namun, server nama yang memberikan jawaban otorisatif bagi nama domain yang umum mengalami perubahan yang cukup sering. Sebagai bagian dari proses pendaftaran sebuah nama domain (dan beberapa waktu sesudahnya), pendaftar memberikan pendaftaran dengan server nama yang akan mengotorisasikan nama domain tersebut, maka ketika mendaftar wikipedia.org, domain tersebut terhubung dengan server nama gunther.bomis.com dan zwinger.wikipedia.org di pendaftar .org. Kemudian, dari contoh tersebut, ketika server dikenali sebagai 204.74.112.1 menerima sebuah permintaan, DNS server memindai daftar domain yang ada, mencari wikipedia.org, dan mengembalikan server nama yang terhubung dengan domain tersebut.

Biasanya, nama server muncul berdasarkan urutan nama, selain berdasarkan alamat IP. Hal ini menimbulkan string lain dari permintaan DNS untuk menyelesaikan nama dari server nama, ketika sebuah alamat IP dari server nama mendapatkan sebuah pendaftaran di zona induk, para programmer jaringan komputer menamakannya sebuah glue record.

Ketika sebuah aplikasi, misalkan web broswer, hendak mencari alamat IP dari sebuah nama domain, aplikasi tersebut tidak harus mengikuti seluruh langkah yang disebutkan dalam teori diatas. Kita akan melihat dulu konsep caching, lalu mengertikan operasi DNS di “dunia nyata”.

Caching and time to live

Karena jumlah permintaan yang besar dari sistem seperti DNS, perancang DNS menginginkan penyediaan mekanisme yang bisa mengurangi beban dari masing-masing server DNS. Rencana mekanisnya menyarankan bahwa ketika sebuah DNS resolver (klien) menerima sebuah jawaban DNS, informasi tersebut akan di cache untuk jangka waktu tertentu. Sebuah nilai yang di-set oleh administrator dari server DNS yang memberikan jawaban menyebutnya sebagai time ti live (masa hidup), atau TTL yang mendefinisikan periode tersebut. Saat jawaban masuk ke dalam cache, resolver akan mengacu kepada jawaban yang disimpan di cache tersebut. Krtika TTL usai atau saat administrator mengosongkan jawaban dari memori resolver secara manual, maka resolver menghubungi server DNS untuk informasi yang sama.

Propagation time

Satu akibat penting dari arsitektur tersebar dan cache adalah perubahan kepada suatu DNS tidak selalu efektif secara langsung dalam skala besar/global. Contoh berikut mungkin akan menjelaskannya. Jika seorang administrator telah mengatur TTL selama 6 jam untuk host www.wikipedia.org, kemudian mengganti alamat IP dari www.wikipedia.org pada pk 12:01, administrator harus mempertimbangkan bahwa paling tidak ada satu individu yang menyimpan cache jawaban dengan nilai lama pada pk 12:00 yang tidak akan menghubungi server DNS sampai dengan pk 18:00. Periode antara pukul 12:00 dan pukul 18:00 dalam contoh ini disebut sebagai waktu propogasi (propagation time), yang bisa didefiniskan sebagai periode waktu yang berawal antara saat terjadi perubahan dari data DNS, dan berakhir sesudah waktu maksimum yang telah ditentukan oleh TTL berlalu. Ini akan mengarahkan kepada pertimbangan logis yang penting ketika membuat perubahan kepada DNS: tidak semua akan melihat hal yang sama seperti yang Anda lihat.

Di dunia nyata, user tidak berhadapan langsung dengan DNS resolver, melainkan berhadapan dengan program seperti web browser (Mozilla Firefox, Opera, IE) dan klien mail (Outlook Express, Mozilla Thunderbird). Ketika user melakukan aktivitas yang meminta pencarian DNS (program yang berhubungan dengan internet), program tersebut mengirimkan permintaan ke DNS Resolver yang ada di dalam sistem operasi.

DNS resolver akan selalu memiliki cache yang memiliki isi pencarian terakhir. Jika cache dapat memberikan jawaban kepada permintaan DNS, resolver akan menggunakan nilai yang ada di dalam cache kepada program yang memerlukan. Kalau cache tidak memiliki jawabannya, resolver akan mengirimkan permintaan ke server DNS tertentu. Untuk kebanyakan pengguna di rumah, Internet service provider (ISP) yang menghubungkan komputer tersebut biasanya akan menyediakan server DNS. Pengguna tersebut akan mendata alamat server secara manual atau menggunakan DHCP untuk melakukan pendataan tersebut. Jika administrator sistem telah mengkonfigurasi sistem untuk menggunakan server DNS mereka sendiri, DNS resolver umumnya akan mengacu ke server nama mereka. Server nama ini akan mengikuti proses yang disebutkan di Teori DNS, baik mereka menemukan jawabannya maupun tidak. Hasil pencarian akan diberikan kepada DNS resolver; diasumsikan telah ditemukan jawaban, resolver akan menyimpan hasilnya di cache untuk penggunaan berikutnya, dan memberikan hasilnya kepada software yang meminta pencarian DNS tersebut.

Sebagai bagian akhir dari kerumitan ini, beberapa aplikasi seperti web browser juga memiliki DNS cache mereka sendiri, tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan referensi DNS resolver, yang akan meningkatkan kesulitan untuk melakukan debug DNS, yang menimbulkan kerancuan data yang lebih akurat. Cache seperti ini umumnya memiliki masa yang singkat dalam hitungan 1 menit.

DNS memiliki beberapa fungsi lain seperti berikut :

  • Nama host dan alamat IP tidak berarti terhubung secara satu-banding-satu. Banyak nama host yang diwakili melalui alamat IP tunggal : gabungan dengan virtual hosting. Hal tersebut memungkinkan satu komputer untuk malayani beberapa situs web. Selain itu, sebuah nama host dapat mewakili beberapa alamat IP. Hal ini akan membantu fault tolerance dan penyebaran beban (load distribution), juga membantu suatu situs berpindah dari satu lokasi fisik ke lokasi fisik lainnya secara mudah.
  • Ada cukup banyak kegunaan DNS selain menerjemahkan nama ke alamat IP. Contohnya Mail Transfer Agents (MTA) menggunakan DNS untuk mencari tujuan pengiriman email untuk alamat tertentu. Domain yang menginformasikan pemetaan exchange disediakan melalui rekord MX yang meningkatkan lapisan tambahan untuk toleransi kesalahan dan penyebaran beban selain dari fungsi pemetaan nama ke alamat IP.
  • Sender Policy Framework secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekord DNS, dikenal sebagai rekord TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan komputer, beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya, tigabelas root servers digunakan oleh seluruh dunia. Program DNS maupun sistem operasi memiliki alamat IP dari seluruh server ini. Amerika Serikat memiliki, secara angka, semua kecuali tiga dari server akar tersebut. Namun, dikarenakan banyak server akar menerapkan anycast, yang memungkinkan beberapa komputer yang berbeda dapat berbagi alamat IP yang sama untuk mengirimkan satu jenis services melalui area geografis yang luas, banyak server yang secara fisik (bukan sekedar angka) terletak di luar Amerika Serikat.

DNS menggunanakn TCP dan UDP di port komputer 53 untuk melayani permintaan DNS. Hampir semua permintaan DNS berisi permintaan UDP tunggal dari klien yang dikuti oleh jawaban UDP tunggal dari server. Umumnya TCP ikut terlibat hanya ketika ukuran data jawaban melebihi 512 byte, atau untuk pertukaaran zona DNS zone transfer.

KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas, dapak kita ambil kesimpulan bahwa DNS (Domain Name System) merupakan distribusi database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

DNS memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yaitu :

  1. Mudah
  2. Konsisten
  3. Sederhana

REFERENSI

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain
  2. http://onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/network/mengkonfigurasi-dns-server-membuat-primary-dan-secondary-dns-.rtf
  3. http://www.esc-creation.com/tag/daftar-dns-indonesia-indosat-im2-telkom-awari/

About Disk and File System

April 1

Abstrak

Komputer adalah suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Pada komputer tersebut terdiri dari beberapa bagian elemen baik hardware maupun software, diantaranya yaitu harddrive, memori, file system, dan masih banyak lagi.

Pendahuluan

Harddisk merupakan ruang penyimpanan utama dalam sebuah komputer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruang-ruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.

Dalam komputasi, sistem file (filesystem) adalah metode menyimpan dan mengorganisisr file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya. File sistem dapat menggunakan perangkat penyimpan data seperti hardisk atau CD_ROM dan melibatkan mempertahankan lokasi fisik dari file, mereka mungkin menyediakan akses ke data pada file server dengan bertindak sebagai klien untuk protokol jaringan (misalnya, NFS , SMB , atau 9P klien), atau mereka mungkin virtual dan hanya ada sebagai sebuah metode akses data virtual (misalnya, procfs ).Hal ini dibedakan dari layanan direktori dan registri.

Isi

DISK GEOMETRI

Konstruksi sistem floopy disk

Dimulai dari floopy disk unit, tidak hanya karena floopy disk merupakan satu-satunya bentuk dari tempat penyimpanan yang bisa digunakan pada PC-PC terdahulu, namun juga karena merupakan struktur dan konsep yang paling sederhana.

Dibawah ini dapat kita lihat model konsep sederhana dari sebuah floopy disk drive unit. Sebuah magnetik disk atau platter, berada dalam sebuah amplop pelindung atau kotak plastik yang keras, dimasukkan kedalam drive dan secara otomatis terkunci dalam kumparan. Kemudian diputar dengan kecepatan yang stabil oleh spindle motor. Disk ini berupa lempengan bulat yang sangat fleksibel, yang dilapisi di kedua sisinya dengan material megnetik. Sebuah head assembly, terdiri dari dua magnetik read/write heads, satu berhubungan dengan permukaan atas disk, dan yang satu berhubungan dengan bagian bawah disk.

Karena magnetik read/write head berhubungan dengan dua permukaan disk, maka kecepatan putar dibatasi untuk memastikan kelayakan disk dan unit drive. Untuk ukuran standar, yaitu 3,5 inch, 1,44 MB floopy, kecepatan putar dibatasi hingga 360 putaran per menit.

Berikut adalah gamabaran dari floopy disk geometry.

Konstruksi Sitem Hard disk

Salah satu perbedaan terbesar antara floopy disk dan hard disk adalah head tidak menyentuh permukaan hard disk kecuali saat berhenti. Hard disk terbuat dari sejumlah platter yang keras dan berat serta head-disk assembly yang tertutup dari debu lingkungan sekitar.

Semau head ditetapkan pada aktuator yang sama dan terbang bebas diatas permukaan disk, yang dibantu oleh tekanan aerodynamic.. Pada saat writing, ukuran normal disk platter, biasanya menunjuk ke form factor, yaitu 3,5 inch meskipun 2,5 inch kadang digunakan untuk notebook dan menjadi lebih umum untuk drive yang terpisah. Sejumlah head kemungkinan besar antara dua dan enam dan tipe kecepatan putar dari 3600 sampai 7200 putaran per menit. Sirkuit pengontrol servo digunakan memposisikan head assembly dan untuk mengurangi variasi kecepatan putaran hingga kurang lebih 0,1%.

Seperti pada kotak floopy disk, kecuali untuk high-performance system dan RAID (Redundant Arrays of Inexpensive Disks), hanya satu head yang aktif pada suatu waktu untuk ridding atau writing data. Hal ini berarti pada beberapa sistem hard disk, satu bagian permukaan disk kemungkinan digunakan untuk memegang informasi kontrol pre-formatted, dan associated head juga digunakan pada waktu yang sama sebagai head data untuk kontrol servo. Track pada permukaan ini disebut servo tracks or index tracks dan head-nya disebut servo head atau index head. Disk yang menggunakan teknik ini sering terlihat mempunyai odd number pada head fisik nyata, sejak salah satu digunakan untuk servo.

Hard disk sendiri merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat non-volatile, yaitu tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data didalamnya. Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1954. Beberapa teknologi yang dekenal pada saat ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. ATA (AT Attachment)

ATA merupakan interface standar 16-bit untuk menghubungkan perangkat seperti harddisk atau CD-room ke motherboard. Untuk menghubungkannya perlu digunakan kebel konektor yang terbatas sepanjang 45 cm. Awalnya kecepatan transfer dari ATA ini sebesar 16 MB/detik, yang kemudian meningkat hingga 133 MB/detik.

2. Serial ATA (SATA)

Teknologi ini didesain untuk menggantiakn teknologi ATA. Salah satu perbedaan yang nampak jelas antara teknologi ATA dan SATA adalah jenis konektor. Pada teknologi SATA, konektor yang digunakan adalah kabel konektor 7 pin atau 15 pin, sementara ATA menggunakan 80 pin.

3. Smal Computer System Interface (SCSI) port

SCSI merupakan standar interface untuk menghubungkan komputer dengan periperal eksternal, seperti harddisk ekternal, scanner, atau CD-room eksternal. Keunggulan Port SCSI ini, selain pada kecepatan transfer juga kemampuannya untuk dapat digunakan pada 7 periperal sekaligus.

4. RAID (Redundant Arrays of Inexpensive Disks)

Raid merupakan teknologi untuk mengelompokkan dua atau lebih hard disk menjadi unit tunggal dengan menggunakan hardware atau software tertentu. Teknologi RAID menggunakan tiga konsep penting, yaitu mirroring (penyalinan data ke lebih dari satu buah hard disk), striping (pemecahan data ke beberapa hard disk), dan juga koreksi kesalahan.

Secara lebih terperinci, sistem kerja hard disk adalah sebagai berikut :

o Spindle memiliki sebuah penggerak yang disebut spindle motor, yang berfungsi untuk memutar pelat      harddiskdalam kecepatan tinggi. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Makin cepat putaran tiap menitnya, makin bagus kualitas harddisk tersebut. Ukuran yang umumnya kita dengar adalah 5400, 7200, atau 10.000RPM.

  • Sebuah piranti read/write elektromagnetik yang disebut dengan heads ditempatkan pada kedua permukaan lempengan. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider, sehingga heads bisa membaca data/informasi yang tersimpan pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut.
  • Slider ini dihubungkan dengan sebuah lengan yang disebut actuator arms. Actuator arms ini sendiri dipasang mati pada poros actuator, di mana seluruh mekanisme gerakan dari actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali (logic board) yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yang lainnya. Antara actuator dengan karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel pita tipis. Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam lempengan harddisk.
  • Jumlah lempengan masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung dari ukuran/daya tampung masing-masing pelat dan ukuran harddisk secara keseluruhan.
  • Sebuah lempengan harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20 gigabyte (GB). Sebuah harddisk yang berkapasitas total 40 GB berarti memiliki 2 lempengan, sedangkan bila berukuran 30GB, ia memiliki dua buah lempenganberukuran 10 dan 20GB atau tiga buah lempengan berukuran 10GB. Masing-masing lempengan harddisk mampu menangani/menampung puluhan juta bit data. Data-data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, sehingga memungkinkan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah.
  • Masing-masing lempengan/pelat memiliki dua buah head, satu berada di atas permukaan pelat, satunya lagi ada di bawah head. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa harddisk yang memiliki tiga buah pelat misalnya (rata-rata sebuah harddisk memang terdiri atas tiga pelat) memiliki total enam permukaan dan enam head.
  • Masing-masing pelat memiliki kemampuan merekam dan menyimpan informasi dalam suatu lingkaran konsentris yang disebut track.
  • Masing-masing track terbagi lagi dalam bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut sektor (sector). Setiap sektor dalam tracktrack harddisk ini mampu menampung informasi sebesar 512 bytes.
  • Sektor-sektor dalam sebuah harddisk ini tidak dikelompokkan secara mandiri tetapi dikelompokkan lagi dalam sebuah gugusan yang lebih besar yang disebut cluster. Fungsi peng-cluster-an adalah untuk membuat mekanisme penulisan dan penyimpanan data menjadi lebih sederhana, lebih efisien, tidak berisiko salah, dan dengan demikian memperpanjang umur harddisk.

FILE SYSTEM

Seperti telah dujelaskan pada pendahuluan, bahwa file system adalah metode menyimpan dan mengorganisir file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya. jenis File system dapat diklasifikasikan menjadi sistem disk file, sistem jaringan file dan sistem tujuan khusus file.

1. Sistem Disk File

Sebuah sistem disk file adalah sistem file yang dirancang untuk penyimpanan file pada perangakat penyimapanan data , sebuah disk drive , yang langsung atau tidak langsung terhubung ke komputer. Contoh sistem file disk termasuk FAT (FAT12, FAT16, FAT32, ExFAT), NTFS , HFS, UFS , ext2 , ext3 , ext4 , btrfs, dan UDF . Sistem disk file Beberapa adalah journal file system atau versioning file system.

2. Sistem Jaringan File

Sebuah sistem jaringan file adalah sistem file yang bertindak sebagai klien untuk protokol akses file remote, menyediakan akses ke file pada sebuah server. Contoh sistem file jaringan termasuk klien untuk NFS, AFS , SMB protokol, dan klien-sistem-seperti file untuk FTP dan WebDAV.

3. Sistem File Tujuan

Sebuah sistem tujuan khusus berkas adalah dasarnya apapun file system yang tidak disk file sistem atau sistem jaringan file. Ini mencakup sistem mana file disusun dinamis oleh software , dimaksudkan untuk tujuan seperti komunikasi antara proses komputer atau ruang file sementara. Sistem tujuan Khusus file paling umum digunakan oleh sistem operasi file-sentris seperti Unix. Contoh meliputi procfs(/ proc) sistem file digunakan oleh beberapa varian Unix, yang hibah akses informasi tentang proses dan lainnya sistem operasi fitur.

Sistem file sendiri banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut :

    1. Linux

* ext (seperti ext2, ext3 dan ext4 ), XFS , JFS , ReiserFS dan btrfs .

2. Mac OS

HFS Plus

3. Microsoft

FAT, NTFS

PENUTUP

Penjabaran tersebut merupakan penjelasan tentang disk, yang terbagi menjadi dua macam yaitu floopy disk dan hard disk. Keduanya merupakan suatu piranti yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Istilah lain yang digunakan dalam komputer adalah file system File system merupakan metode menyimpan dan mengorganisisr file komputer dan data yang ada didalamnya untuk memudahkan dalam menemukan dan mengaksesnya.

REFERENSI

1.IBM (1995) No-ID Sector Format. Dr Steven R Hetzler, IBM Research Division, Almaden Research Center, San Jose, CA. Now Hitachi – see http://www.hitachigst.com/hdd/ ipl/oem/tech/noid.htm

  1. http://illtorro.blogspot.com/2009/05/harddisk.html
  2. Landis,H.(2005) Information,Test Software and Consulting Services forDevelopers of Products usingATA(PATA, IDE/EIDE), SerialATA(SATA),ATAPI, and CE-ATAand OtherATARelated Interfaces, 27 October. URL: http://www.ata-atapi.com/

Faktor Pertimbangan dalam Membeli Komputer

March 24

PC? Notebook? Yupz…semua merupakan komputer. Zaman sekarang ini hampir semua orang memerlukan mesin satu ini. Dari yang hanya menggunakannya sebagai mesin ketik, alat hiburan seperti nonton film, memutar musik, bermain game, sampai dengan yang digunakan untuk membuat suatu peralatan yang canggih. Buat orang awam, jika ingin membeli sebuah komputer, haruslah benar-benar mengerti akan pertimbangan apa aja yang mesti digunakan untuk mendapatkan sebuah komputer yang lengkap bagi dirnya. Dan yang pasti jangan sampai merasa kecewa setelah membeli komputer tersebut. Nah, disini saya akan memberikan sedikit pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika akan membeli sebuah komputer.

Disini kita mempunyai dua macam pertimbangan, yaitu pertimbangan dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersangkutan langsung dengan komputer yang akan dibeli, misalnya prosesor, memori, hardisk, dll. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar komputer tersebut seperti harga, kebutuhan, dll.

1. Faktor Internal

1.1 Motherboard

Langkah awal yang harus dipertimbangkan adalah memilih motherboard. Motherboard (papan induk) merupakan papan sirkuit tempat berbagai komponen dan konektor untuk berbagai periperal pada PC. Motherboard sering kali disebut dengan main board, system board, logic board (pada Apple) atau disingkat menjadi mobo. Untuk memilih motherboard terkadang menjadi hal yang susah-susah gampang. Di pasaran banyak tersedia berbagai macam merek dan jenis motherboard. Berdasarkan pabrikannya, ada 2 jenis mobo, yaitu Intel dan AMD. Dalam memilih mobo, hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut :

a. Apakah motherboard tersebut sudah mendukung harddisk SATA dan tersedia beberapa slot?

b. Berapa slot RAM (memori) DDR2 yang dimilikinya?

c. Apakan menyediakan slot ekspansi untuk kartu grafis?

d. Berapa slot PCI-nya?

e. Sejauh mana mobo tersebut mendukung kalau kita meng-upgrade prosesornya?

1.2 Prosesor

Pertimbangan berikutnya adalah jenis prosesor. Prosesor sendiri merupakan unit pemrosesan utama dalam sebuah komputer. Secara umum, kecepatan suatu komputer mengacu pada kecepatan prosesor dalam mengolah data/menjalankan instruksi. Pada pemilihan prosesor, lebih baik jangan membeli prosesor kelas Celeron, meskipun harganya jauh lebih murah. Akan lebih baik jika kita membeli prosesor generasi baru seperti Pentium 4 HT, Pentium D, Dual Core, atau Core 2 Duo. Mengapa disarankan jangan membeli prosesor kelas Celeron? Hal tersebut dikarenakan jika kita menggunakan prosesor ini ( misal Celeron 2,66 GHz), kinerja komputer akan turun secara drastis saat kita menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multi tasking) dibandingkan dengan kita menggunakan Pentium E2140 1,6 GHz (Dual Core)

1.3 Harddisk

Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat non-volatile. Sekarang ini terdapat beberapa teknologi yang dikenal pada harddisk, antara lain ATA (AT Attachment), SATA (Serial ATA), Smal Computer System Interface (SCSI) port, dan Redundant Arrays of Inexpensive Disks (RAID). Untuk hal ini, disarankan untuk membeli harddisk berteknologi SATA. Harddisk jenis ini mempunyai kecepata read-write yang sudah lebih cepat, yaitu sekitar 300 MB/detik dan harganya yang juga lebih murah.Selain itu, memilih harddisk dengan kapasitas yang besar juga lebih baik, karena selisih harga dipasaran tidak terlalu jauh.

1.4 Memori (RAM)

Memori merupakan istilah yang umum sebagai media penyimpanan data pada komputer. Secara umum, ada dua jenis memori, yaitu volatile (membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data yang disimpan) dan non-volatile (tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan data yang disimpan). Pada pemilihan memori ini, memori yang disarankan adalah jenis DDR2 atau yang terbaru yaitu DDR3. DDR2 (Double Data Rate) merupakan jenis memori yang menggantikan teknologi DDR SDRAM. Kecepatan transfer yang dimiliki mencapai 3200 MB/detik, dengan daya yang dibutuhkan lebih rendah dari DDR SDRAM.

DDR3 merupakan pengembangan DDR2, yang membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah lagi (sehingga pada laptop baterai akan bertahan lebih lama). Namun DDR3 membutuhkan board yang berbeda dengan DDR2, sehingga tidak dikenal istilah upgrade dari DDR2 ke DDR3.

Dalam pembelian DDR2, pastikan minimal berukuran 512 MB. Meskipun komputer yang kita beli ditujukan hanya untuk sekedar hiburan atau mengetik, namun sistem operasi sekarang ini membutuhkan memori yang besar. Selain itu, bagi pengguna Windows XP, OS akan berjalan dengan cukup nyaman dengan memori tersebut

1.5 Slot PCI

Hal ini berhubungan dengan pemilihan motherboard. Sebisa mungkin motherboard memiliki 1x PCI Express x16, 2x PCI Express x1, dan 1x PCI. Bagi gamer, kehadiran slot PCI Express x16 ini sudah menjadi keharusan, karena di dalam slot ini kita bisa menambahkan kartu grafis tambahan agar dapat memainkan game 3D. Sedangkan slot PCI Express x1 berguna jika kita ingin menambahkan modem, kartu suara, TV Tuner, dan lain sebagainya.

1.6 Casing PC

Buat pengguna desktop, pemilihan casing juga menjadi prioritas. Pemilihan casing yang mempunyai front USB dan Audio akan terasa lebih nyaman dari pada memilih casing dengan port USB yang berada dibagian belakang.

2. Faktor Eksternal

2.1 Menentukan Kebutuhan

    Kita harus benar2benar mencermati, untuk kebutuhan apakah kita membeli komputer. Apakah hanya sekedar untuk belajar tentang komputer, mengetik, mendengarkan musik, menonton film, bermain game, atau untuk keperluan-keperluan lain yang lebih tinggi seperti design grafis, simulasi, modeling, dll. Semakin kompleks penggunaannya, jelas akan semakin banyak komponen dan persyaratan yang harus dipenuhi komputer tersebut. Tentunya makin banyak juga biaya yang harus Anda keluarkan.

    Perlu diperhatikan juga mobilitas Anda. Jika Anda adalah seorang yang banyak bekerja di luar kantor dengan beban kerja banyak, maka jenis laptop/notebook layak dipertimbangkan. Kalau Anda tidak terlalu sering kesana kemari dalam bekerja (mobile), atau Anda ingin menggunakan komputer tersebut untuk keperluan sekeluarga, maka lebih tepat jika Anda memilih jenis PC (personal computer) yang lebih murah dibanding laptop.

    2.2 Tampat Pembelian Komputer

    Membeli komputer di suatu area , dimana banyak toko yang menjual komputer akan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan kita bisa membandingkan satu dengan yang lainnya dalam waktu yang singkat.

    2.3 Tawar menawar

    Selalu usahakan untuk melakukan tawar-menawar dengan pihak penjual.

    2.4 Komputer rakitan

    Bagi kita yang mempunyai dana terbatas, kita tidak usah memikirkan untuk membeli laptop biar kelihatan ‘wah’. Alangkah lebih baik jika kita membeli komputer rakitan. Komputer rakitan ini mempunyai harga yang lebih murah.

    2.5 Harga Dolar

    Satu lagi niech, bagi yang tidak sangat mendesak untuk membeli komputer, tunggu aja harga dolar turun, Dengan begitu, harga komputer pasti juga akan ikut turun.




    Sumber :

    http://www.komputertrik.co.cc/

    http://www.idonbiu.com/2009/03/tips-trik-membeli-komputer-baru.html

    http://www.burukutuk.com/2009/07/panduan-membeli-laptop-jaminan-mutu.html

    RadenBeletz.com

    Tabloid PC Mild Edisi 05/2010

War9a neGara Faceb0ok

March 18

Jejaring Sosial bernama Facebook

Hari gini gak teu facebook???? wah, bisa dibilang katrok tuch kalo istilahe thukul. Dari anak-anak sampai orangtua, dari pedagang sampai pejabat, semua kecanduan situs tersebut. Saking ampuhnya pengaruh situs tersebut, sampai-sampai kita gak kepikiran, gimana sih kerjanya, atau apa aja sih yang nyusun facebook koq kita bisa dengan mudahnya berkomunikasi dengan orang2 yang jauh disana, entah yang kita kenal atau pun hanya teman dunia maya saja. Nah…mumpung ada angin lewat niech…bahas bentar tentang facebook yukz….

Come on………

Ehmmm….siapa sih orang-orang yang bisa-bisanya kepikiran buat situs kaya gitu? Dan ternyata yang bikin itu tiga orang mahasiswa dari universitas Harvard. Beuhhhh…mantap kaleee. Meskipun masih mahasiswa, tapi bisa buat situs yang merajalela di seluruh dunia. Mereka itu adalah Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Menurut berita-berita yang muncul sekarang ini, server facebook ternyata sudah mencapai angka 300 juta. Waaooooooo….angka yang fantastik. Bahkan sebagian besar orang-orang di dunia ada yang menyebutkan bahwa mereka telah menjadi warga negara republik facebook.

Nah…lalu kenapa c fb bisa mempunyai tampilan dan fitur-fitur yang membuat orang terpesona? Ternyata facebook memakai hardware highend sehingga performanya bagus. Kalau sservernya pake emc dengan intel multicore xeon scsi dengan raid berkapasitas terabyte. Kalau networknya pake f10 fiber kapasitas terabps. Untuk indo aksesnya dicaching dengan colo dari akamai. Selain itu, saat ini facebook telah mengoperasikan empat pusat data di AS (3 di West Coast dan 1 di East Coast) dengan lahan yang digunakan mencapai 45.000 kaki persegi.

Bwt yang belum punya FB niech…ayo buruan bwt aja. Gak ada salahnya lho dicoba.

ACER Aspire 4720Z_kuw

March 14

Tugas sisop kedua nich…ngutek-utek isine komputer. Lepi (bahasane cah elins buat sebutan laptop ^-^) punyaku merupakan lepi sejuta umat (baca : acer) tipe Aspire 4720Z dengan spesifikasi Hardisk 160 GB, RAM 2GB, Processor 1,86 Ghz. Dan setelah dicek, didapat hasil sebagai berikut :

> Bagian pertama yaitu tentang CPU

Perintah : ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat cpuinfo

processor : 0

vendor_id : GenuineIntel

cpu family : 6

model : 15

model name : Intel(R) Pentium(R) Dual CPU T2390 @ 1.86GHz

stepping : 13

cpu MHz : 800.000

cache size : 1024 KB

physical id : 0

siblings : 2

core id : 0

cpu cores : 2

apicid : 0

initial apicid : 0

fdiv_bug : no

hlt_bug : no

f00f_bug : no

coma_bug : no

fpu : yes

fpu_exception : yes

cpuid level : 10

wp : yes

flags : fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov pat pse36 clflush dts acpi mmx fxsr sse sse2 ss ht tm pbe nx lm constant_tsc arch_perfmon pebs bts pni dtes64 monitor ds_cpl est tm2 ssse3 cx16 xtpr pdcm lahf_lm

bogomips : 3733.73

clflush size : 64

power management:

processor : 1

vendor_id : GenuineIntel

cpu family : 6

model : 15

model name : Intel(R) Pentium(R) Dual CPU T2390 @ 1.86GHz

stepping : 13

cpu MHz : 800.000

cache size : 1024 KB

physical id : 0

siblings : 2

core id : 1

cpu cores : 2

apicid : 1

initial apicid : 1

fdiv_bug : no

hlt_bug : no

f00f_bug : no

coma_bug : no

fpu : yes

fpu_exception : yes

cpuid level : 10

wp : yes

flags : fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov pat pse36 clflush dts acpi mmx fxsr sse sse2 ss ht tm pbe nx lm constant_tsc arch_perfmon pebs bts pni dtes64 monitor ds_cpl est tm2 ssse3 cx16 xtpr pdcm lahf_lm

bogomips : 3733.23

clflush size : 64

power management:

> Selanjutnya bagian memori

Perintah :ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat meminfo

MemTotal : 2052624 kB

MemFree : 1538256 kB

Buffers : 17096 kB

Cached : 305116 kB

SwapCached : 0 kB

Active : 280172 kB

Inactive : 178644 kB

Active(anon) : 184776 kB

Inactive(anon) : 8 kB

Active(file) : 95396 kB

Inactive(file) :178636 kB

Unevictable : 8 kB

Mlocked : 8 kB

HighTotal :1182536 kB

HighFree : 733004 kB

LowTotal : 870088 kB

LowFree : 805252 kB

SwapTotal : 176672 kB

SwapFree : 176672 kB

Dirty : 24 kB

Writeback : 0 kB

AnonPages : 136736 kB

Mapped : 87560 kB

Slab : 19824 kB

Sreclaimable : 10680 kB

Sunreclaim : 9144 kB

PageTables : 2432 kB

NFS_Unstable : 0 kB

Bounce : 0 kB

WritebackTmp : 0 kB

CommitLimit : 1202984 kB

Committed_AS : 482964 kB

VmallocTotal : 122880 kB

VmallocUsed : 7636 kB

VmallocChunk : 114164 kB

HugePages_Total : 0

HugePages_Free : 0

HugePages_Rsvd : 0

HugePages_Surp : 0

Hugepagesize : 4096 kB

DirectMap4k : 40952 kB

DirectMap4M : 864256 kB

> Kalo ini bagian devicenya

ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat devices

Character devices:

1 mem

4 /dev/vc/0

4 tty

4 ttyS

5 /dev/tty

5 /dev/console

5 /dev/ptmx

6 lp

7 vcs

10 misc

13 input

14 sound

21 sg

29 fb

81 video4linux

99 ppdev

108 ppp

116 alsa

128 ptm

136 pts

171 ieee1394

180 usb

188 ttyUSB

189 usb_device

216 rfcomm

226 drm

251 hidraw

252 usb_endpoint

253 usbmon

254 rtc

Block devices:

1 ramdisk

259 blkext

7 loop

8 sd

9 md

11 sr

65 sd

66 sd

67 sd

68 sd

69 sd

70 sd

71 sd

128 sd

129 sd

130 sd

131 sd

132 sd

133 sd

134 sd

135 sd

252 device-mapper

253 pktcdvd

254 mdp

> sekarang bagian partisinya niech….

ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat partitions

major minor #blocks name

8 0 156290904 sda

8 1 20482843 sda1

8 2 1 sda2

8 5 20482843 sda5

8 6 40957686 sda6

8 7 40957686 sda7

8 8 30788541 sda8

8 9 2441848 sda9

8 10 176683 sda10

8 16 256000 sdb

8 17 255984 sdb1

> lanjut ke dma …

ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat dma

4: cascade

> lalu ke filesystem-nya

ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat filesystems

nodev sysfs

nodev rootfs

nodev bdev

nodev proc

nodev cgroup

nodev cpuset

nodev debugfs

nodev securityfs

nodev sockfs

nodev usbfs

nodev pipefs

nodev anon_inodefs

nodev tmpfs

nodev inotifyfs

nodev devpts

ext3

ext4

ext2

cramfs

nodev ramfs

nodev hugetlbfs

nodev ecryptfs

nodev fuse

fuseblk

nodev fusectl

nodev mqueue

nodev binfmt_misc

vfat

> dan yang terakhir niech …

ndoety@ndoety-laptop:/proc$ cat execdomains

0-0 Linux [kernel]

oke…itu aja dech yang aq share-kan. C U …………………………

Belajar OS……….

March 7

Operating System (sistem operasi) itu apa sich? Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras dari komputer. Sedangkan secara umum, sistem operasi adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) ke pengguna sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serat pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Menurut Tanenbaum, sebuah sistem operasi yang bagus haruslah memiliki  layanan-layanan berikut ini :

  • Pembuatan program
  • Eksekusi program
  • Pengaksesan I/O device
  • Pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem
  • Deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan
  • Akunting

Pada zaman yang serba berkembang ini, maka sistem operasi pun ikut berkembang, sehingga banyak terdapat sistem operasi yang “gentayangan” (istilahe dosenQ ^-^) di dunia ini. Sistem Operasi yang ada saat ini diantaranya yaitu Windows, DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Android, Moblin, dll.

1. OS Windows

☼ Kelebihan

  • Dapat menjalankan aplikasi atau pun membuka file lebih dari satu pada saat yang sama.
  • Banyak program-progran/aplikasi yang compatible dengan windows.
  • Sharing data aplikasi dapat dilakukan dengan mudah.
  • Banyak didukung oleh vendoe hardware dan software.
  • Orang awam pun dapat dengan mudah menggunakannya.

☼ Kekurangan

  • Sistem File yang agak kacau.
  • Harga license yang mahal (jadi bikin kebanyakan orang pake yang windows palsu. Hehehehehe…)
  • Sistem security yang lemah.
  • Membutuhkan space hardisk yang besar.

2. OS Linux

Linux merupakan kependekan dari LINus UniX. Nama ini diambil dari nama –Linus Benedict Torvalds- seorang mahasiswa yang menginginkan suatu sitem operasi sehebat UNIX tetapi semurah PC. Linux ini merupakan salah satu OS yang mempunyai konsep open source.

☼ Kelebihan

  • Virtual memori membuat linux mampu menjalankan program-progran yang lebih dari kemampuan seharusnya.
  • Linux dapat berinteraksi dengan OS lain dengan cara kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi OS.
  • Linux dapat dijalankan pada komputer 286 XT samapai mesin sebesar Beowulf clusters.
  • Mempuyai kestabilitasan yang tinggi.
  • Paket linux merupakan satu kesatuan.

☼ Kekurangan

  • Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
  • OS yang agak sulit dipelajari oleh orang awam.
  • OS tidak sepenuhnya GUI.

3. OS Moblin

Moblin merupakan salah satu OS yang diutamakan untuk netbook. Moblin ini merupakan OS keluaran intel yang berbasiskan linux. Moblin sendiri kependekan dari ‘mobile linux’ yang merupakan sebuah sistem operasi open source dan aplikasi stack untuk MID, netbook, nettops, dan perangkat embedded. Moblin ini dibangun di Intel Atom prosesor yang dirancang untuk meminimalkan proses booting dan konsumsi daya.

4. OS Android

Android merupakan sistem oprasi mobile hasil modifikasi dari kernel linux. Sejak tanggal 21 Oktober 2008, Android telah tersedia dalam konsep open source. Fitur-fitur yang tersedia dalam OS ini antara lain :

  • Konektivitas

Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

  • Web browser

Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi. Browser mencetak 93/100 di Acid3 Test.

  • Dukungan java

Perangkat lunak yang ditulis di Java dapat dikompilasi untuk dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile, meskipun  secara teknis tidak standar Java Virtual Machine.

  • Dukungan media

Android  mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

  • Multi-touch

Android memiliki dukungan asli untuk multi touch yang tersedia dalam handset baru seperti HTC Hero. The Fitur ini awalnya dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari tuduhan pelanggaran paten Apple pada teknologi layar sentuh.